Ifdil: Saya Benar - Benar Cinta dengan Konseling

Ifdil: Saya Benar - Benar Cinta dengan Konseling

By   Superuser  |   641 views 09 September 2015 at 00:59 WIB

Ifdil bukan sosok yang asing di dunia Bimbingan dan Konseling Indonesia. Putra Jambi asal Kabupaten Kerinci yang menaruh perhatian cukup dalam dengan ilmu hypnosis dan hipnoterapi ini adalah sosok yang cukup menarik untuk dibahas.

Ifdil kecil mempunyai nama panjang Ifdil Dahlani. Namun ketika tamat sekolah dasar, nama belakangnya hilang sehingga kini sosoknya dikenal dengan nama Ifdil saja. Selain sibuk di bidang konseling sebagai dosen Universitas Negeri Padang, Ifdil juga sebagai instruktur di The Indonesian Board of Hypnotherapi (IBH).

Ketertarikannya dengan dunia konseling dimulai pada tahun 2006 mengambil S1 kedua di Jurusan Bimbingan dan Konseling UNP. Ifdil sebelumnya telah menamatkan S1 Jurusan Ekonomi Islam di STAIN Kerinci.

“Awalnya saya memilih ekonomi karena saya sudah belajar ekonomi islam. Tapi perjalanan menuntun saya pindah ke program studi Bimbingan dan Konseling. Tidak tanggung-tanggung, saya jatuh cinta dengan dunia ini, sehingga pada tahun 2006 saya mengambil S1 kedua di bidang konseling UNP,” katanya.

Ketika kuliah, Ifdil juga berbisnis di bidang komputer. “Ketertarikanku pada computer dan IT sangat besar waktu itu,” ungkapnya.

Kesulitan dalam memperoleh referensi di internet tentang dunia BK yang berbahasa Indonesia mengantarkannya untuk membuat situs yang berisi hal-hal yang terkait konseling. Situs http://ifdilkonseling.page.tl. Kemudian dengan bantuan teman-temannya, Ifdil membangun situs baru dengan alamat www.konselingindonesia.com pada Maret 2008 sekaligus menjadi founder.

“Sekarang situs ini masih eksis dan sangat membahagiakan dapat berbagi sesame, setiap hari pengunjungnya terus meningkat sehingga menambah semangat saya untuk berbuat untuk dunia baru yang tercinta ini,” ungkapnya.

Karir di bidang keilmuan BK berlanjut ke Pendidikan Profesi Konselor (PPK) dan S2 BK di UNP hingga akhirnya bekerja sebagai dosen di BK UNP.

Ifdil juga menjabat sebagai Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) di bidang kerjasama dan publikasi. Ifdil pula menjabat di Pengurus Pusat Ikatan Konselor Indonesia (IKI) sebagai sekretaris satu.

Laki-laki 11 Desember 1981 kini tengah melanjutkan pendidikan S3 bidang guidance and Counseling of Education, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Sumber: Muhammad Irkham ; http://www.portalkonseling.com/2015/01/ifdil-saya-benar-benar-cinta-dengan.html